Saturday 23 October 2010

Oh,...gradient bisa buat beginian toh. :)

Nah,...ktm lagi nih. Ada tutor PS nih,...semoga aja bisa bermanfaat. Barangkali gak nyambung ama judul postingan ini. Silahkan dibaca dulu deh.

  1. Buat file baru dan beri nama "gembok".

  2. 1
  3. Klik ganda layer background dan beri nama "latar" seperti contoh.

  4. 2




    1. Buat objek dengan rounded rectangle tool pada toolbox. Beri nilai radius 20 px atau atur sesuai selera.

    2. Kemudian akan muncul layer baru di atas layer latar dengan nama default "shape1".

    3. 3ab




    1. Tekan Command+klik (mac) atau Ctrl+klik (win) pada layer mask layer "shape1". Kemudian, seleksi akan muncul pada jendela kerja.

    2. Setelah itu hilangkan icon mata untuk menghilangkan objek yang berwarna hitam.

    3. 4ab




    1. Pilih gradient tool pada toolbox.

    2. 4

    3. Lalu, pilih gradasi warna dengan tiga buah gradasi warna dari warna abu-abu ke putih kemudian kembali abu- abu kembali. (Abu-abu = r:138 g:138 b:138)

    4. 5a





    1. Buat layer baru diatas layer shape1. Beri nama badan gembok misalnya.

    2. Kemudian, buat gradasi dengan tipe linear gradient. Tarik dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Kemudian klik Command+D atau Ctrl+D untuk melepaskan seleksi.

    3. 6


  5. Buat layer baru beri nama "Pengait" misalnya. Kemudian buat path seperti yang terlihat pada gambar.

  6. 7
  7. Buka palet path. Kemudian seleksi path tersebut dengan pilihan "load path as a selection" pada bagian bawah palet path. Kembali ke palet layer. Lalu, pilih layer pengait yang sebelumnya telah dibuat.

  8. 8
  9. Kemudian beri warna dengan warna gradasi. Lakukan langkah yang sama seperti langkah 5b. Hanya dirubah warna abu-abunya saja. (Abu-abu = r:199 g:199 b:199). Tarik warna dari ke kanan atau sebaliknya. Kemudian pindahkan layer pengait ke bawah layer badan gembok. Lalu lepaskan seleksi.

  10. 9
  11. Pilih layer pengait. Kemudian, klik kanan dan pilih blending options. Kemudian, pilih style>inner shadows. Beri pengaturan seperti pada gambar.

  12. 10


    1. Duplikasikan layer effect yang baru saja diterapkan seperti pada langkah 10. Caranya, klik kanan layer pengait. Pilih "copy layer style". Lalu "paster layer style" di layer badan gembok.

    2. 11a
    3. Hasilnya terlihat seperti pada gambar.

    4. 11b




    1. Buat objek dengan menggunakan rounded rectangle tool. Sama seperti langkah 3a. Hanya saja dibuat lebih lonjong dan kecil. Setelah itu akan ada layer dengan nama default "shape2".

    2. 12a
    3. Tekan Command+klik (mac) atau Ctrl+klik (win) pada layer mask pada layer "shape2". Jangan lupa untuk menghilangkan icon mata di sebelah layer ini.

    4. 12b
    5. Buat layer baru dan beri nama misalnya "hiasan tepi". Pada layer ini beri warna gradasi abu-abu ke putih seperti pada langkah 5. Namun, terapkan warnanya dari atas ke bawah. Setelah objek terbentuk.

    6. 12c
    7. Buat duplikasi objek tersebut sebanyak dua buah. Lepaskan dulu seleksi pada objek jika masih diseleksi. Caranya, pilih layer yang akan diduplikasi kemudian klik kanan lalu pilih "duplicate layer". Atau bisa dengan tombol Alt tahan+drag/ Command+J (mac) atau Ctrl+J (win).

    8. 12d
    9. Setelah terbentuk dua layer tambahan. PIih ketiga layer tersebut dengan menahan tombol Shift. Kemudian klik kanan dan pilih merge layers. Atau Command+E (mac) atau Ctrl+E (win).

    10. 12e


  13. Beri nama misalnya "hiasan tepi merged" pada layer yang baru saja digabung. Duplikasi kembali layer ini. Dan pindahkan objek ke sebelah kanan.

  14. 13
  15. Beri sedikit shadow dengan menggunakan layer style>drop shadow untuk kedua layer tadi.

  16. 14
  17. Buat objek baru dibagian bawah gembok sebagai aksen tambahan. Gunakan rectangle marquee tool untuk membuatnya dan gunakan layer style seperti pengaturan pada gambar.

  18. 15


    1. Kemudian, buat bagian tengah gembok sebagai tempat untuk membuka dan mengunci gembok tersebut dengan anak kuncinya. Pertama, buat dahulu seleksi dengan menggunakan elliptical marquee tool.

    2. 16a
    3. Dilanjutkan dengan menggunakan rectangle marquee tool. Jangan lupa untuk menahan tombol shift ketika akan membuat objek dengan menggunakan rectangle marquee tool. Beri nama layer objek ini dengan nama "kuncian".

    4. 16b




    1. Setelah seleksi terbentuk isi seleksi tersebut dengan warna gradasi. Gunakan tipe gradasi, radial gradient.

    2. 17a
    3. Lalu, lanjutkan dengan memberikan layer style dengan pengaturan seperti pada gambar.

    4. 17b


  19. The last (semoga...hehehehee). Buatlah tempat agar anak kuncinya bisa dimasukkan caranya gunakan path tool untuk membuatnya. Beri pada layer baru dengan nama lubang gembok.



    1. Buat objek dengan menggunakan path seperti pada gambar. Isi dengan warna hitam. Lalu gandakan yang baru saja dibuat. Dan baik objek pada layer duplikasi melalui menu edit>transform>flip horizontal.

    2. 18a
    3. Setelah itu gabungkan dua layer ini. Dan beri efek layer style seperti yang terlihat pada gambar. Seperti pada contoh gambar saya menggunakan shadow warna hijau. Secara khusus gak punya arti apa-apa sih warna itu. Cuma menandakan kalo kalo tulisan ini terbuka untuk semua kalangan kok,,,hehehhee (sok filsuf). Kan kalo lampu hijau di lalu lintas artinya boleh jalan ya miriplah dengan terbuka :D. Padahal mestinya warna merah tuh,..kan gambar gemboknya gak kebuka (kebuka=warna hijau)

    4. 18b


  20. Sekian dan Terima kasih

    CMIIW

1 comment:

Anonymous said...

wah gambarnya hilang.... :)